Sabtu, 09 Agustus 2014

Tentang Desa Sambiroto



Kesehatan
Di desa ini terdapat Puskesmas dan Polides. Masalah kelahiran ditangani oleh bidan desa. Ada dukun bayi tapi dukun bayi bertugas setelah bayi lahir.
Terdapat juga rumah sakit Kristen, tapi terbengkalai karena 3 tahun tidak membayar pajak karena orang yang sakit sedikit. Dan si desa ini pada musim hujan sering terjadi Demam Berdarah. Jaminan kesehatan yang ada antara lain Jamkesmas, BPJS, Jamkessos

Hukum 
Sering terjadi tawuran antar warga, biasanya pemuda. dan biasanya dilaporkan ke pihak yang berwajib jika tidak ada kata perdamaian.

Pendidikan

Di desa Sambiroto sedikitnya ada Madrasah, SD, TPQ, TK  dan SMP.
Tingkat pendidikan desa masih sangat kurang. karena mayoritas penduduk merupakan nelayan maka anak anak tersebut diajak orang tuanya untuk melaut. Warga biasanya lebih memilih menyekolahkan anak mereka ke Madrasah daripada ke sekolah dasar, karena agamanya kuat. Meskipun begitu, tingkat pendidikan nelayan desa ini mayoritas maksimal tingkat SMA.


Sosial
Untuk bidang sosial, tingkat kerukunan warganya baik. Juga sering diadakan arisan warga dan arisan PKK. Warga memiliki solidaritas tinggi, misalnya ada Nelayan yang meninggal maka semua warga melayat, dan jika masih ada yang tetep melaut nantinya akan dikecam nelayan lain. Selain itu juga terdapat gotong royong penduduk yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Dan pada perayaan 17 Agustus biasanya ada lomba lomba antar RT, pembentukan paguyuban RT dan rapat RT tiap 2 bulan sekali. Tiap RT memiliki alat kematian sendiri seperti kursi dll. Sudah ada karang taruna tapi karang taruna kurang mengena ke pemudanya.

Ekonomi
Untuk sektor ekonomi, masyarakat desa Sambiroto memiliki kelompok-kelompok kecil usaha yang umumnya usaha perikanan. Hal ini dikarenakan UMKM dan KUD di desa ini belum ada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar